Pada artikel ini kita akan lihat sepuluh cara mudah untuk meningkatkan internal link seluruh blog.
  1. Gunakan sitemap. Peta Situs atau kerennya sitemap tidak hanya penting untuk membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari, tetapi juga merupakan cara mudah untuk meningkatkan jumlah link internal ke halaman penting blog Anda. Untuk selengkapnya silakan Anda baca artikel Pengetahuan Dasar Tentang Sitemap yang pernah saya tulis sebelumnya.
  2. Buat FAQ. Halaman pertanyaan yang sering Diajukan dapat membantu Anda untukmendapatkan link internal untuk posting Anda ketika menggunakan target kata kunci dan frase didalamnya. Ini adalah salah satu pilihan untuk Anda dan sayapun sedang mempelajari lebih jauh mengenai ini. Setiap pertanyaan yang masuk bisa dikembangkan dan dijawab sebagai satu artikel tersendiri.
  3. Link ke posting terkait. Link ke posting (Related Post) pada topik yang sama dapat membantu pembaca Anda untuk menemukan konten tambahan yang mungkin menarik bagi mereka. Sama pentingnya, juga dapat meningkatkan jumlah link internal untuk posting blog Anda. Anda dapat secara manual membuat link terkait di pada salah satu bagian posting Anda, atau Anda dapat menggunakan plugin untuk membantu Anda. Pengguna WordPress dapat men-download plugin Related Post.
  4. Sertakan link ke posting Anda yang paling populer pada sidebar Anda. Contoh ; kalau Anda lihat free ebook yang saya pasang sidebar ini mengarah ke halaman merakit, merawat dan memperbaiki komputer. Banyak blog berisi link ke posting tertentu dari sidebar. Membuat link ke artikel yang paling populer adalah cara yang baik untuk meningkatkan tampilan halaman Anda dan juga untuk meningkatkan kekuatan link internal Anda. Ini juga dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakanplugin.
  5. Tulis posting secara serial. Salah satu cara mudah membangun jumlah link internal dari satu posting ke yang lain adalah menulis artikel secara berseri. Postingan diterbitkan dan terdapat link ke posting sebelumnya. Jika Anda memiliki posting yang sangat panjang, pertimbangkan untuk memecahnya menjadi serial artikel.
  6. Apakah ringkasan mingguan atau bulanan. Banyak blogger yang menulis ringkasan artikel setiap bulan dengan sebuah posting lalu dibuat link ke beberapa posting terbaru yang paling populer di blog dengan deskripsi singkat dari masing-masing artikel. Ini jelas memberi Anda kesempatan untuk menambahkan beberapa link internal, dan juga dapat mencegah pembaca kehilangan beberapa posting dan juga pelanggan baru yang mungkin tidak memiliki kesempatan untuk membaca beberapa karya terbaik Anda.
  7. Tempatkan link di halaman 404 Anda. Kesalahan dapat membuat frustasi kepada pengunjung ketika mereka masuk ke halaman 404 alias error page. Salah satu solusinya adalah buat daftar link sejumlah artikel pada halaman 404 yang Anda tawarkan sebagai obat “sakit hati” tadi. Kebanyakan theme WordPress include dengan file 404.php yang dapat diedit untuk memasukkan materi yang Anda inginkan, termasuk link. Jika Anda menggunakan tema WordPress yang tidak memuat file 404, lihat petunjuk WordPress Codex.
  8. Sertakan link di footer Anda. Tergantung pada apa tema blog yang Anda gunakan, footer Anda mungkin menyediakan ruang yang dapat mencakup konten berharga. Banyak pengunjung yang telah membaca sampai bagian bawah posting Anda dan mungkin melirik ke footer untuk melihat apa yang ada disana. Anda boleh membuat link ke artikel dari footer.
  9. Gunakan link teks di seluruh posting. Saat Anda menulis posting blog Anda, terbuka kesempatan untuk link ke posting lama. Jika Anda memiliki teks berkaitan dengan topik posting yang lebih tua, silakan buat linknya.
  10. ALinks plugin untuk WordPress. Pengguna WordPress dapat mengambil keuntungan dari aLinks plugin untuk secara otomatis membuat link pada kata atau frase umum digunakan di seluruh posting blog. Plugin ini dirancang untuk digunakan dengan link internal maupun link eksternal (terutama link afiliasi).
Selamat mencoba.

1 comments:

Anonymous said...

makasih infonya sangat bermanfaat sekali

Post a Comment

Copyright 2010 My Artikel
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger