Ada beberapa cara Remote Access Server (RAS) dari Windows menghubungkan ke Internet,yaitu:
*
Modem analog, Yaitu koneksi dial dengan menggunakan protocol SLIP dan PPP pada kecepatan modem analog.
*
ISDN, yaitu koneksi dial-up nya berkemampuan tinggi menggunakan PPP.
*
X.25. Packet Switching sampai dengan 56 Kbps.
Koneksi Switched dengan modem analog dan ISDN, maka hanya akan dapat mengakses Internet pada saat-saat tertentu saja. Karena perlu diketahui bahwa koneksi analog berjalan lambat, bahkan pada saat melayani pemakaian tunggal.
Koneksi yang salah tentang modem analog adalah memiliki kompresi data (cara yang handal untuk memperoleh data rate lebih tinggi). Walaupun hamper semua modem memiliki dukungan kompresi data, namun ada beberapa factor yang perlu diketahui hal-hal yang membatasi kegunaan kompresi data:
*
Kualitas koneksi yang kurang bagus sering kali menghalangi modem untuk menggunakan data rate maksimumnya. Modem menegosiasikan data rate saat terhubung pertama kali, dan menjadikannya pada kecepatan tertinggi dimana mereka dapat berkomunikasi dengan kualitas koneksi pada saat itu. Data rate ini sering lebih rendah dari potensi teoritis modem.
*
Adanya kualitas koneksi yang jelek menyebabkan modem yang terhubung tidak dapat menggunakan kompresi data dengan baik.
*
Data yang terkompresi tidak dapat terkompresi lagi. Banyak tugas yang data intensive melibatkan download dan upload file,yang umumnya sudah dikompresi. Modem tidak dapat mengkompresi data lebih lanjut, karena data rate efektif terbatas hingga ke tingkat rate tertinggi yang non-compressed.
Dengan demikian modem analog hanya dapat digunakan sebagai koneksi individual.
Yang kedua adalah koneksi switched dengan ISDN. Data rate ISDN dapat mendukung banyak user, tetapi ISDN tetap adalah option koneksi yang switched. Service ISDN yang popular menyediakan dua kanal “B” 64 Kbps yang dapt digabungkan untuk mendukung data rate 128 Kbps. Dengan ISDN koneksi harus dibuat tiap kali akses Internet dibutuhkan, untuk tarif yang dikenakan biasanya berdasarkan lama waktu koneksi.
Option non-switched satu-satunya yang didukung oleh RAS yaitu X.25. Walaupun koneksi dedicated lewat jaringan X.25 dimungkinkan, namun data rate X.25 terbatas sampai 64 Kbps hal ini cukup memadai untuk beberapa user Internet. Tetapi terkadang hamper tidak cukup untuk mengakomodasi belasan user yang mentrasfer data atau mengakses Web.
Koneksi Switched harus perlu banyak pertimbangan sebagai koneksi dial-out, bila yang diinginkan adalah koneksi yang permanent. Internet untuk menawarkan Web, FTP, dan service lain yaitu dengan membutuhkan koneksi yang dedicated atau permanent.

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2010 My Artikel
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger