Menurut penemu dari MRTG ini Tobias Oetiker [1] “MRTG adalah sebuah software atau tools yang berguna untuk memonitor trafik pada jaringan komputer” Penjelasan :
I. Sejarah MRTG Multi
Multi router traffic grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet yang dipunya oleh sang penemu memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer. Hal ini membuat user sangat tertarik untuk mengetahui keadaan status jaringan terutama pada router utamanya. Pada situasi seperti ini membuat sang penemu Tobias Oetiker membuat program yang membuat update secara periodic dalam bentuk graphic berbasis web tentang load trafik link internet (router utama). Setiap lima menit program tersebut meminta data “octet counter” dari gateway router universitas De Montfort di kota
Leicester, UK tempat Tobias Oetiker ini bekerja. Hal ini nantinya dikembangkan dalam bentuk skrip perl yang dapat dikonfigurasi dengan mudah yang disebut MRTG-1 pada saat beliau mengeluarkan pada internet pada tahun 1995.
Pada saat pertama kali digunakan umum penemu banyak menerima komplain dari pengguna karna software ciptaanya berjalan sangat lambat. Menurut beliau hal ini dikarenakan program ciptaanya sangat tidak efisien dan semua krip ditulis dalam bahasa pemrograman perl, kemudian dibantu oleh seorang temannya Dave Rand menulis ulang semua program MRTG-1 semua skrip-skripnya ditulis ulang kedalam bahasa C, ternyata hal ini dapat meningkatkan kecepatan dari MRTG-1 dengan factor 40 kali. Keberadaan MRTG dengan memonitoring web-based ini tidak meningkatkan kapasitas link jaringan, tapi data trafik yang disediakan oleh MRTG ini dapat menjadi acuan bagi admin jaringan untuk melihat apakah link jaringan yang ada masih layak digunakan atau perlu tambahan bandwitch lagi.
II. Apa itu MRTG
MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.Alamat resmi dari MRTG ini di Http://ee-staff.ethz.ch/~ oetiker ~/webtools/mrtg/mrtg.htmlDan untuk melihat penggunaan MRTG ini dapat dilihat pada alamatHttp://ee-staff.ethz.ch/~ oetiker ~/webtools/mrtg/user.htmlMRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik yang masuk atau keluar dari router atau peralatan jaringan anda dan program C yang akan mencatat data trafik ke dalam file database dan membuat grafik yang indah yang menggambarkan trafik pada jaringan yang anda monitor. Grafik ini sudah termasuk dalam halaman web yang dapat dilihat dari web-browser modern.MRTG juga membuat representasi visual dari trafik yang terlihat selama tujuh hari terakhir, empat minggu terakhir dan dua belas bulan terakhir. Hal ini memungkinkan karna MRTG menyimpan log dari semua data trafik yang telah dikumpulkan dari peralatan yang diamati.MRTG tidak hanya terbatas untuk memonitor trafik yang lewat pada interface saja, software ini juga memungkinkan pengguna untuk memonitor variabel SNMP sesuai dengan pilihan pengguna, selain itu biasanya pengguna MRTG ini menggunakannya untuk memonitor sistem load, sesi login, ketersediaan modem dan sebagainya.
Cara Kerja MRTG
Data hasil logging olah MRTG disimpan dlam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap
lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali. File logging tersebut hanya digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk menggambar pada halaman web. Grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool pnmtogif. Konfigurasi ini yang mengakibatkan MRTG terbatas untuk memonitor sekitar dua puluh router dari workstation.
Kendala lain yang sangat potensial bagi user adalah adalah tool smnpget dari package CMU SNMP yang diperlukan oleh MRTG untuk mengumpulkan data. Paket CMU SNMP ini sangat sulit untuk dikompilasi pada berbagai macam platform waktu itu.Karna keterbatasan-keterbatasan diatas maka penemu dan rekannya melakukan perombakan pada MRTG versi pertama, mereka membuat sebuah program rateup yang memecah MRTG dalam masalah kinerja dengan mengimplementasikan dua hal subprogram dalam MRTG yang menghabiskan CPU paling banyak dalam bahasa C dan menghilangkan subprogram tersebut ke dalam skrip perl MRTG. Rateup ini melakukan penulisan ke file log dan menggambar grafik. Masalah portabilitas SNMP diselesaikan dengan mengganti snmpget dari CMU SNMO ke modul SNMP perl yang ditulis dalam bahasa perl secara murni, dengan begitu masalah platform dapat teratasi.Asumsi dasar untuk mendesain file log MRTG versi baru adalah ketertarikan pada informasi secara detail tentang load jaringan dikurangi secara proporsional dalamsatuan waktu untuk memungkinkan antara koleksi data dan analisisnya, konfigurasi ini memungkinkan implementasi dari file log yang menyimpan data trafik dengan mengurangi resolusi ke dalam masa lalu. Data yang umurnya lebih dari dua tahun akan dihapus dari file log. Resolusi dari file log sama dengan resolusi dari file log yang ada pada grafik yang ditunjukkan pada halaman web. Data yang dihilangkan (lebih dari dua tahun) berguna agar pertumbuhanya terbatas dan tidak memerlukan kapasitas media penyimpanan yang besar.
Implementasi MRTG Dalam Jaringan
Pada bagian in iakan menjelaskan implementasi MRTG dalam berbagai macam model system operasi diberbagai macam model LAN. Contoh system operasi yang dapat diinstall dengan MRTG : Unix, Linux, dan Windows (95/98 dan NT). Asalkan dalam sebuah workstation mempunyai SNMP, maka workstation tersebut bias diamati trafiknya.Contoh-contoh model jaringan yang bisa diimplementasikan :
a. Jaringan LAN biasa
b. Jaringan LAN dengan router dan terintegrasi dengan internet
c. Jaringan LAN dengan switch dan terintegrasi dengan internet

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2010 My Artikel
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger