Sebelum membahas dari keseluruhan Judul postingan saya. Saya akan memberikan gambaran terlebih dahulu tentang “Apa itu wireless network?” 
Wireless network merujuk pada implementasi jaringan wireless (nirkabel) yang memanfaatkan protokol IEEE 802.11x untuk keperluan akses Internetpublik. Implementasi jaringan wireless ini dapat digunakan tanpa bayar, biasanya akses diberikan oleh penyedia layanan untuk keperluan promosi, pendidikan  atau berbayar. wireless network (hotspot) didesain untuk memberikan kemudahan dalam penggunaan. Oleh karena itu, kebanyakan wireless hotspot tidak memberikan perlindungan penuh terhadap penyalahgunaan jaringan wireless. 
Wireless network cukup mudah untuk di set up, dan juga terasa sangat nyaman, terutama jika kita menginginkan agar bisa berjalan jalan keliling rumah atau kantor dengan komputer portable tetapi tetap bisa tetap mengakses jaringan internet. Namun, karena wireless menggunakan gelombang, maka akan lebih mudah untuk di-hack daripada koneksi yang menggunakan kabel.  Data yang lalu-lalang di media terbuka tentu sangatlah rentan keamanannya. Itulah kenyataan yang dihadapi oleh teknologi Wireless Network, Anda harus mengetahui dan menyiasatinya dengan cermat. Kalau jaringan yang menggunakan media kabel saja sudah terdapat begitu banyak celah yang ada di dalamnya, bagaimana dengan jaringan yang menggunakan media alam terbuka sebagai perantara datanya seperti wireless misalnya.
Jaringan wireless memang terkenal sangat lemah dalam hal keamanannya. Tidak hanya karena proses komunikasinya datanya lalu-lalang di udara bebas, namun banyak juga proses di dalamnya yang harus diperhatikan karena cukup rentan dan terbentang banyak celah.
 Mengapa Keamanan Jaringan Wireless Begitu Rentan? 
Secara garis besar, celah pada jaringan wireless terbentang di atas empat layer di mana keempat layer tersebut sebenarnya merupakan proses dari terjadinya komunikasi data pada media wireless. Jadi sebenarnya, pada setiap layer proses komunikasi melalui media wireless terdapat celah-celah yang menunggu untuk dimasuki. Maka itu, keamanan jaringan wireless menjadi begitu lemah dan perlu dicermati dengan ekstra teliti. Layer-layer beserta kelemahannya tersebut adalah sebagai berikut:
::Physical Layer::
Seperti Anda ketahui, Physical layer (layer fisik) dari komunikasi data akan banyak berbicara seputar media pembawa data itu sendiri. Di dalam sistem komunikasi data wireless, yang menjadi media perantaranya tidak lain adalah udara bebas. Di dalam udara bebas tersebut, data Anda yang berwujud sinyal-sinyal radio dalam frekuensi tertentu lalu-lalang dengan bebasnya. Anda tentu sudah bisa membayangkan bagaimana rentannya keamanan data Anda tersebut karena lalu-lalang di alam bebas. Siapa saja mungkin bisa menangkapnya, menyadapnya, bahkan langsung membacanya tanpa sepengetahuan Anda?
Jika hanya untuk penggunaan pribadi yang sekadar iseng-iseng saja, disadap atau dibaca oleh orang lain tentu tidak akan terlalu berbahaya meskipun agak menjengkelkan juga. Namun, bagaimana jika kelemahan-kelemahan ini terdapat pada jaringan wireless perusahaan Anda yang di dalamnya terdapat berbagai transaksi bisnis, proyek-proyek perusahaan, info-info rahasia, rahasia keuangan, dan banyak lagi informasi sensitif di dalamnya. Tentu penyadapan tidak dapat ditoleransi lagi kalau Anda tidak mau perusahaan Anda menjadi bulan-bulanan orang.
::Network Layer::
Network layer (layer jaringan) biasanya akan banyak berbicara seputar perangkat-perangkat yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sebuah jaringan komunikasi yang disertai juga dengan sistem pengalamatannya. Pada jaringan komunikasi wireless,  perangkat yang biasa digunakan sering disebut dengan istilah Access Point atau disingkat AP. Sistem pengalamatan IP tentu akan banyak Anda temukan pada perangkat ini. Karena melayani komunikasi menggunakan media bebas yang terbuka, maka AP-AP tersebut juga dapat dikatakan sebagai perangkat yang terbuka bebas.
Perangkat jaringan yang tidak diverifikasi dan dikontrol dengan baik akan dapat menjadi sebuah pintu masuk bagi para pengacau. Mulai dari hanya sekadar dilihat-lihat isinya, diubah sedikit-sedikit, sampai dibajak penuh pun sangat mungkin dialami oleh sebuah AP. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan juga keamanan AP-AP pada jaringan wireless Anda. Selain itu, komunikasi antar-AP juga harus Anda cermati dan perhatikan keamanannya.

::User Layer::
Selain keamanan perangkat jaringan yang perlu diperhatikan, Anda juga perlu memperhatikan dan mencermati siapa-siapa saja yang mengakses jaringan wireless Anda. Jaringan wireless memang menggunakan media publik untuk lalu-lintas datanya, namun jika jaringan Anda bukan merupakan jaringan publik yang dapat diakses oleh siapa saja, tentu harus ada batasan-batasan pengaksesnya. Tidak sulit bagi para pengguna yang tidak berhak untuk dapat mengakses sebuah jaringan wireless. Jika sembarangan pengguna dapat menggunakan jaringan Anda, tentu hal ini akan sangat merugikan para pengguna lain yang memang berhak.
Sebuah jaringan wireless yang baik harus memiliki kepastian bahwa hanya para pengguna yang dikenal, yang dipercaya, dan yang memang berhak yang dapat mengakses jaringan tersebut. Perangkat-perangkat jaringan yang biasa bergabung dalam jaringan wireless tersebut juga harus dapat di-track dan dimonitor dengan benar, karena hal ini akan sangat berguna untuk kepentingan monitoring, accounting, untuk mengetahui tren-tren yang terjadi dalam jaringan Anda, dan banyak lagi.
::Application Layer::
Jaringan yang menggunakan media kabel saja dapat membuka celah-celah yang ada pada aplikasi dengan cukup lebar, apalagi jaringan wireless yang memang rentan di seluruh layer-nya. Aplikasi-aplikasi bisnis yang penggunaannya lalu-lalang melalui media wireless tentu sangat rentan keamanannya, baik sekadar disusupi maupun di DoS (Denial of Service). Untuk itu, jaringan wireless yang baik harus juga dapat melindungi aplikasi-aplikasi yang berjalan di dalamnya agar tidak dengan mudah dikacaukan.
Bagaimana Sebenarnya Penyusup Dapat Bermain-main dalam Jaringan Wireless?

Melihat kelemahan-kelemahan pada setiap layer di atas, tentu kita dapat membayangkan begitu banyaknya jalan untuk dapat menyusup ke dalam jaringan wireless Anda. Tidak hanya dari satu layer saja, melainkan keempat layer tersebut di atas dapat menjadi sebuah jalan untuk mengacaukan jaringan Anda. Mengatur, memantau, dan mengamankan jaringan wireless menjadi berlipat-lipat kesulitannya dibandingkan dengan media wire.
Untuk itu, seharusnya Anda dapat mengenali celah-celah apa saja yang ada pada jaringan wireless pada umumnya. Lebih baik lagi jika Anda mengenali kelemahannya mulai dari layer yang paling bawah sampai dengan layer aplikasinya. Berikut ini adalah beberapa celah yang sangat umum terdapat di dalam sebuah jaringan wireless mulai dari layer yang paling bawah:

Physical Layer
1.Bleeding Coverage Area
Seperti Anda ketahui, sinyal radio yang dipancarkan oleh AP berpropagasi dalam  berbentuk tiga dimensi, memiliki panjang jangkauan, lebar jangkauan, dan tinggi jangkauan. Sinyal radio cukup sulit untuk diketahui dan diprediksi area-area mana saja yang dapat dijangkaunya. Melihat hal ini, sangatlah mungkin bagi sebuah jaringan wireless untuk dapat melebarkan jangkauannya di luar dari batasan-batasan fisik yang Anda butuhkan.
Misalnya, Anda memasang sebuah AP di ruangan kantor Anda untuk meng-cover seluruh ruangan kantor, namun kenyataannya kantor tetangga yang berada tepat di sebelah Anda juga masih dapat menggunakan jaringan wireless Anda ini. Inilah yang disebut dengan bleeding coverage area.
Dengan adanya coverage area yang tidak diinginkan ini, resource-resource sensitif perusahaan Anda akan sangat berpotensial untuk dieksploitasi oleh orang-orang luar dengan perangkat wireless-nya. Bahkan ada juga beberapa orang yang dengan sengaja mencari-cari bleeding coverage area ini untuk digunakan dan dieksploitasi. Apa yang dilakukan oleh orang-orang ini sering disebut dengan istilah war driving.
2.AP External Pengacau
Para pengguna yang memiliki perangkat wireless di PC, notebook, PDA, ponsel, dan banyak lagi, memiliki kemungkinan untuk berasosiasi dengan AP manapun selama AP tersebut memang meng-cover lokasi di mana perangkat tersebut berada dan juga memberikan izin. Jika Anda berada di kantor, tentunya harus terkoneksi ke dalam jaringan wireless yang dipancarkan oleh AP yang telah ditentukan oleh kantor Anda tersebut.
Namun, apa jadinya jika ada sebuah AP milik orang lain yang area coverage-nya juga menjangkau perangkat Anda. Kemudian perangkat Anda tersebut tanpa atau dengan Anda sadari berasosiasi dengan external AP tersebut. Apa yang akan terjadi? Tentunya Anda akan terkoneksi ke dalam jaringan external tersebut yang Anda tidak ketahui ada apa di balik jaringan tersebut.
Dari segi keamanan, hal ini sangat berbahaya karena mungkin tanpa Anda sadari Anda memberikan data sensitif, misalnya password-password otentikasi yang sebenarnya harus Anda ketikkan di dalam jaringan wireless yang sesungguhnya. Atau mungkin saja ketika sudah terkoneksi ke dalam jaringan wireless external tersebut, perangkat Anda akan segera dieksploitasi dan data Anda dicuri. Atau mungkin juga jaringan tersebut memberikan koneksi Internet untuk Anda gunakan, namun dengan dilengkapi packet sniffer dan penyadap-penyadap canggih lainnya sehingga semua transaksi Internet Anda dapat diketahui oleh mereka.
Jika sudah berada dalam kondisi ini, Anda sudah dapat dikatakan sebagai korban pencurian yang tanpa disadari Anda masuk sendiri ke dalam sarang pencuri. Atau mungkin juga jaringan tersebut memberikan koneksi Internet untuk Anda gunakan, namun dengan dilengkapi packet sniffer dan penyadap-penyadap canggih lainnya sehingga semua transaksi internet Anda dapat diketahui oleh mereka. Selain itu, adanya AP external yang area coverage-nya masuk ke dalam area Anda tentu juga dapat menyebabkan interferensi terhadap sinyal-sinyal komunikasi jaringan Anda. Interferensi ini tentu akan sangat mempengaruhi performa dan kelangsungan jaringan wirelss Anda ini.
Network Layer
1.Rogue AP
“Rogue AP”, maksud dari kata ini adalah ditujukan untuk AP-AP yang tidak diketahui atau tidak terdaftar keberadaannya oleh para administrator sebuah jaringan wireless. Atau mungkin bisa juga disebut dengan istilah AP liar. AP-AP liar ini sangat berbahaya sekali bagi keamanan jaringan wireless Anda karena AP-AP ini memang tidak pernah diinginkan keberadaannya.
Selain mengganggu keamanan, tentu juga bisa mengganggu sinyal-sinyal pembawa data pada frekuensi tertentu. Biasanya keberadaan AP liar cukup sulit untuk dicegah karena ketidakpastian area yang dijangkau oleh sebuah jaringan wireless, apalagi untuk yang berskala besar. Secara umum, ada dua sumber yang dapat membuat rogue AP muncul di dalam jaringan wireless Anda:
1. Karyawan Bandel
Untuk alasan memudahkan pekerjaannya atau untuk penggunaan pribadi, seringkali terjadi di mana seorang karyawan diam-diam memasang sebuah AP untuk dapat terkoneksi ke dalam jaringan internal. Sehingga ia bisa mendapatkan koneksi ke dalam jaringan dari mana saja di sekitarnya. Kebanyakan AP yang digunakan oleh perorangan ini merupakan AP kelas konsumer di mana fitur-fitur sekuritinya tidak lengkap atau bahkan tidak ada. Bisa juga jika memang ada, tidak di-setting dengan benar atau tidak sesuai dengan standar karena ketidaktahuannya. Padahal seluruh AP sudah diamankan oleh para administrator dengan standar-standar yang berlaku di perusahaan tersebut.
Dengan adanya AP “bandel” ini, maka terbukalah sebuah gerbang di mana orang-orang dari luar dapat masuk ke dalam jaringan Anda dengan mudahnya. Mereka memiliki hak akses dan kemampuan yang sama dalam memanfaatkan sumber-sumber di dalam jaringan. Hal ini tentunya sangat gawat, bukan?
2. Hacker
Selain karyawan, para hacker yang dengan sengaja meninggalkan perangkat AP nya di dalam jaringan kantor Anda juga bisa terjadi. Jika di kantor Anda memang disediakan port-port ethernet yang dapat digunakan untuk umum, maka ini juga perlu diwaspadai karena mungkin saja para hacker diam-diam menancapkan AP-nya dan kemudian menyembunyikannya, sehingga ia masih dapat mengakses jaringan wireless Anda meskipun secara fisik ia sudah meninggalkan ruangan Anda.
2.Fake AP
Fake AP atau arti secara harafiahnya AP palsu, merupakan sebuah teknik pencurian hak akses oleh sebuah AP untuk dapat tergabung ke dalam sebuah jaringan wireless dan ikut melayani para penggunanya. Tidak hanya melayani penggunanya, AP-AP lain juga mungkin akan berasosiasi dengan AP ini. Hal ini disebabkan karena mungkin pemilik AP palsu tersebut berhasil mendapatkan SSID dari jaringan wireless tersebut dan menggunakan AP-nya untuk mem-broadcast SSID itu. Sehingga pengguna akan melihat SSID yang sama baik dari AP yang sebenarnya maupun dari AP yang palsu.
Jika pengguna tersebut tergabung dalam jaringan AP yang palsu, maka datanya akan dengan mudah dapat dicuri.
Lebih parahnya lagi, jika AP ini juga memiliki kemampuan memalsukan alamat MAC dari sebuah AP sebenarnya yang ada di dalam jaringan tersebut. Dengan MAC yang disamakan dengan MAC dari AP sebenarnya, AP palsu akan dikenal sebagai AP yang memang telah diotorisasi di dalam jaringan tersebut. Akibatnya AP palsu tersebut dapat juga berasosiasi dengan AP-AP lain dan diperlakukan seperti halnya AP yang sebenarnya.
Ini akan sangat berbahaya karena informasi login, otentikasi, dan banyak lagi dapat diambil oleh pengguna AP palsu ini. Bahkan jika bisa berasosiasi dengan AP lainnya, lebih banyak lagi yang dapat dilakukan.
3.Jaringan Wireless Ad-Hoc
Jaringan wireless yang menggunakan standar 802.11, memiliki fitur yang memungkinkan para klien di dalamnya dapat saling berkomunikasi satu sama lain dengan metode peer-to-peer langsung melalui perangkat wireless mereka. Fitur yang satu ini sering disebut dengan istilah Ad-Hoc.
Dalam topologi Ad-Hoc ini, masing-masing laptop, PDA, atau perangkat berkemampuan wireless lainnya dapat bertindak sebagai sebuah node yang independen dan membentuk sebuah jaringan sendiri, terlepas dari apa yang telah disediakan oleh AP di sekitarnya.
Dapat Anda bayangkan, jaringan wireless Ad-Hoc ini tentu akan dapat menimbulkan kekacauan bagi jaringan wireless yang sebenarnya. Dengan membentuk sebuah jaringan sendiri di luar dari jaringan wireless dari AP yang ada, tentu ada beberapa masalah yang akan ditimbulkannya. Pertama, jaringan Ad-Hoc ini mungkin akan menggunakan bandwidth frekuensi yang terbatas yang juga digunakan oleh jaringan wireless sesungguhnya. Jadi, antara jaringan Ad-Hoc dengan jaringan wireless sesungguhnya harus saling berbagi bandwidth frekuensi. Tentu ini cukup mengganggu kelangsungan jaringan wireless yang sesungguhnya.
Masalah lain yang dapat ditimbulkan dengan adanya jaringan Ad-Hoc ini adalah keamanan jaringan utama yang menjadi terbuka. Jaringan wireless Ad-Hoc ini dapat dijadikan gateway bagi para penyusup untuk masuk ke dalam jaringan utamanya. Hal ini disebabkan karena jaringan ini sangat sulit untuk diatur secara terpusat. Memantau propagasi sinyal radionya juga hampir mustahil. Jaringan Ad-Hoc menjadi mudah sekali untuk dimasuki dan dikacaukan karena kesulitan memonitornya ini. Terlebih lagi para hacker dapat dengan mudah masuk ke dalam jaringan utamanya dengan cara melakukan hacking terhadap perangkat yang tergabung dalam jaringan Ad-Hoc tersebut dan kemudian melakukan bridging ke jaringan utamanya. Jalan menuju jaringan utama menjadi terbuka lebar.
User Layer
1.Login yang bocor
Ketika sebuah jaringan wireless akan digunakan sebagai media untuk membawa data bisnis yang kritis, adalah sangat penting untuk membatasi hanya pengguna-pengguna yang valid saja yang dapat melakukan login ke dalamnya. Jika sembarang pengguna dapat masuk ke dalam jaringan dan mengakses sumber-sumber di dalamnya, maka data bisnis Anda tidak akan lagi aman.
Yang penting untuk diperhatikan dalam menjaga keamanan pada layer ini adalah menjaga agar para pengguna yang tidak berhak tidak masuk ke dalam jaringan wireless ini agar tidak mengganggu keamanan data dan juga performa jaringan wireless Anda. Untuk itu, proses otentikasi mutlak dilakukan dan dijaga keamanannya dengan baik agar account-account dan key-key untuk melakukan login tidak bocor ke tangan yang tidak berhak.
2.Man in the middle attack
Selain mencegah agar hanya yang berhak saja yang dapat masuk, keamanan pada layer ini juga bisa terancam dengan adanya hacker yang melakukan Man in the middle attack (MiM attack). MiM attack adalah serangan dari hacker yang secara diam-diam menempatkan diri di tengah-tengah proses komunikasi antara pengguna dengan jaringan wireless yang sesungguhnya. MiM attack ini juga mengandalkan Fake AP sebagai salah satu perantaranya.
Jadi, pertama-tama pengguna akan masuk ke dalam jebakan AP palsu yang dapat tergabung dengan jaringan utama karena memiliki SSID dan MAC address yang diotorisasi. Kemudian setelah penggunanya berhasil terkoneksi dengan AP palsu tersebut, maka proses otentikasi akan segera dilakukan. Karena sistem otentikasi bersifat rahasia dan hanya dimiliki oleh jaringan yang sesungguhnya, maka AP palsu tersebut diprogram untuk membuat semacam tunnel untuk menyambungkan langsung antara pengguna dengan jaringan wireless yang sesungguhnya. Dengan demikian, otentikasi akan berjalan dengan seperti biasanya, namun dengan bantuan perantara yang tak kasat mata.
Perantara ini tentunya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mencuri key-key dan pernak-pernik otentikasi yang didapatnya. Pernak-pernik otentikasi seperti username dan password ini dapat dengan mudah dilihatnya karena memang prosesnya benar-benar melalui perantaraan jaringan wireless sang hacker. Setelah mendapatkannya, maka sang hacker kini dapat dengan leluasa tergabung dalam jaringan tersebut di mana saja karena ia telah mendapatkan hak akses yang sebenarnya miliki orang lain. Selain pernak-pernik otentikasi, sang hacker tersebut juga dapat menyadap setiap komunikasi yang dilakukan oleh si pengguna.
Application Layer
1.Denial of Service (DoS)
DoS terbilang cukup mudah untuk dilakukan terhadap sebuah jaringan wireless. Baik secara sengaja maupun tidak sengaja, tanpa disadari atau tidak, DoS sering sekali menimpa jaringan wireless. Mulai dari yang disengaja seperti seorang hacker melakukan pengiriman paket data besar-besaran ke sebuah titik melalui jaringan wireless Anda, sampai dengan kejadian-kejadian yang tidak disengaja dan terkadan tidak terpikir sama sekali.
Misalnya, ada seorang karyawan yang membawa telepon wireless-nya yang juga menggunakan frekuensi 2,4 GHz, maka telepon ini tentu akan mengacaukan sinyal-sinyal jaringan wireless Anda yang juga bekerja di frekuensi 2,4 GHz. Sehingga jaringan tersebut mogok bekerja karena interferensi ini. Akhirnya komunikasi dengan server dan perangkat-perangkat dalam jaringan wireless menjadi terganggu juga.
Bagaimana Pencegahannya Jika Memang Tidak Bisa Dihilangkan Seluruhnya?

Dengan begitu luasnya jalan menuju ke jaringan wireless pribadi Anda ter bentang, hampir tidak mungkin untuk menutupi semuanya sampai benar-benar aman seratus persen. Tetapi, tentu Anda tidak ingin hanya diam saja melihat para pengacau mengobrak-abrik jaringan Anda bukan. Untuk itu, beberapa metode pengamanan berikut ini adalah yang paling umum digunakan untuk sedikit memperkuat pertahanan jaringan wireless Anda:
Physical Layer
1.Bleeding Coverage Area
Langkah pertama untuk membuat pertahanan keamanan jaringan wireless Anda adalah dengan mengatur coverage area dari AP-AP yang Anda gunakan. Anda tidak dapat mengatur panjang, lebar dan jauh jangkauannya dengan sangat presisi, namun dengan lebih mempersempit coverage area-nya menjadi ke suatu arah tertentu mungkin akan lebih aman.
Membatasi coverage area hanya menuju ke arah tertentu, di mana para penggunanya banyak beraktivitas dapat dilakukan dengan menggunakan AP yang memiliki karakteristik pancaran sektoral, atau dengan kata lain hanya memancarkan ke satu arah tertentu. Kebanyakan AP yang umum digunakan memiliki karakteristik pancaran Omni, di mana sinyal-sinyal komunikasi dipancarkan 360 derajat.
2.AP External Pengacau
AP-AP pengacau yang menyerang jaringan wireless Anda tentu merupakan ancaman serius. Sinyal menjadi terganggu dan kemungkinan para pengguna l pengacau menjadi besar kemungkinannya. Untuk mencegah terjadinya gangguan sinyal, satu cara yang umum adalah dengan menggunakan sistem pengaturan kanal-kanal frekuensi secara dinamik pada AP. Dengan sistem ini terjadinya interferensi dapat lebih di tekan meski tidak dapat dihindari sama sekali.
Untuk mencegah kesalahan para pengguna dalam melakukan asosiasi adalah dengan membuat SSID yang benar-benar spesifik. Misalnya, sebuah kata yang mudah diingat oleh semua orang di kantor Anda cukup tepat untuk dijadikan SSID. Selain itu, sistem otentikasi juga harus diberikan pada saat pengguna ingin bergabung dengan SSID tersebut. Jika ingin lebih aman lagi, kelompokkan pengguna-penggunanya dalam VLAN-VLAN yang lebih spesifik. Semua ini mungkin akan dapat meminimalisasi kemungkinan AP external pengacau dapat mengacak-acak jaringan wireless Anda.
Network Layer
1.Rogue AP dan Fake AP
Rogue AP dan Fake AP yang dapat memperpanjang jaringan wireless Anda ke mana-mana tanpa izin ini biasanya dapat dicegah dengan menggunakan bantuan sistem sertifikasi X.509 yang kebanyakan dilengkapi pada AP-AP kelas atas.
Dengan sistem sertifikasi ini, sebuah AP akan melalui proses otentikasi terlebih dulu sebelum bergabung dengan jaringan wireless. AP yang tidak memiliki otentikasi yang sama tidak akan dapat tergabung dalam wireless switch atau perangkat wireless lainnya dan akan dilaporkan sebagai Rogue AP atau Fake AP.
2.Jaringan Wireless Ad-Hoc
Adanya jaringan Ad-Hoc juga merupakan celah yang sangat berbahaya bagi jaringan wireless pribadi Anda. Untuk itu, melakukan monitoring terhadap jaringan wireless Anda amat penting untuk dilakukan. Terutama jika Anda memiliki sistem monitoring yang dapat melakukan pemberitahuan jika ada perangkat wireless yang terkonfigurasi dalam mode Ad-Hoc. Beberapa perangkat wireless kelas mungkin akan memberikan fasilitas ini.
User Layer
1.Login yang Bocor
Sistem login untuk pengguna yang ingin masuk ke dalam jaringan wireless sebenarnya merupakan pertahanan pertama yang dilakukan dalam user layer.  Bisakah Anda bayangkan bagaimana jika level ini tidak diamankan. Tentu siapa saja dapat masuk dan bermain-main di dalamnya, bahkan mengacau.
Untuk memilih pengguna-pengguna yang dipercaya untuk masuk ke dalam jaringan ini, ada beberapa metode pengamanan yang biasa digunakan seperti Authentikasi Web, 802.1X dan Address filtering. Dengan salah satu atau bahkan ketiga sistem ini dipasang dalam jaringan wireless Anda, maka pengguna yang dapat masuk ke dalam jaringan Anda akan lebih terseleksi.
2.Man in the Middle Attack
Salah satu metode yang dapat mematahkan serangan “orang tengah” ini adalah dengan menggunakan enkripsi saat komunikasi dijalin. Baik saat membangun jalinan komunikasi maupun saat transfer data, enkripsi menjadi sebuah benteng yang cukup kokoh. Dengan adanya enkripsi pada proses otentikasi hingga proses pengiriman data, “orang tengah” ini tidak akan mudah membaca apa yang lalu lalang dalam media wireless ini. Sistem enkripsi yang banyak digunakan adalah TKIP untuk MAC layer enkripsi dan IPSec untuk IP layer enkripsi.
Application Layer
1.Denial of Service (DoS)
DoS pada jaringan wireless terkadang dapat disebabkan oleh ketidaktahuan para penggunanya. Seperti menempatkan microwave oven, cordless telepon, perangkat bluetooth, dan banyak lagi perangkat yang menggunakan sinyal elektormagnet pada coverage area jaringan wireless Anda.
Langkah pertama untuk menanggulangi DoS adalah dengan membuat sistem monitoring yang baik yang dapat menangkap dan mendeteksi interferensi, jamming, sampai AP-AP lain yang berada di sekitar jaringan wireless Anda. Jika memang memungkinkan, gunakan perangkat yang mampu melakukan pengaturan karakteristik frekuensi radio  secara dinamis untuk dapat secara otomatis menghindari interferensi. Selain itu lengkapi pula perangkat-perangkat jaringan Anda dengan Access List dan filter jika memang memungkinkan. Dengan demikian, DoS terhadap jaringan Anda mungkin dapat diminimalisasi.
Nyaman tetapi Harus Waspada
Jaringan wireless memang sangat nyaman untuk digunakan. Semua pasti setuju dengan pendapat ini. Namun ketika mengetahui begitu banyak celah dan kelemahan di dalamnya, tentu banyak orang yang akan mengubah persetujuannya ini. Kerja keras untuk menciptakan keamanan yang baik bagi jaringan wireless Anda mutlak harus dilakukan jika memang mau aman. Tetapi kerja keras ini tentu tidak dirasakan sebagai suatu kenyamanan bagi sebagian orang. Memang pada kenyataannya, kenyamanan selalu berbanding terbalik dengan keamanan pada dunia jaringan wireless.
Tetapi jika memang jaringan wireless Anda amat berarti bagi kemudahan dan kelancaran bisnis Anda, mengapa Anda tidak tingkatkan sedikit kewaspadaan untuk menciptakan keamanan yang lebih baik. Kerja keras Anda tentu akan terbayar dengan nikmatnya berkomunikasi data tanpa kabel.

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2010 My Artikel
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger