Pada jaman purba kala, manusia purba berkomunikasi melalui simbol-simbol. Tahun demi tahun berlalu, manusia dapat berkomunikasi melalui suara. Tak lama kemudian, manusia mulai dapat berkomunikasi jarak jauh. Mereka menggunakan bantuan asap dengan tanda-tanda tertentu dengan manusia yang berjauhan. Kemudian teknologi berkembang hingga ditemukannya telegraph yang memanfaatkan sandi morse sebagai bahasanya. Akhirnya, Alexander Grahamm Bell pun kemudian menemukan pesawat telepon yang memungkinkan manusia untuk berkomunikasi suara jarak jauh dengan menggunakan piranti tersebut. Kini telepon tersebut pun telah berkembang. Mulai dari yang terhubung melalui kabel hingga yang tanpa kabel (telepon seluler) baik itu dengan jaringan GSM atau pun CDMA. Kini telah berkembang lagi suatu cara berkomunikasi yang bernama VoIP. Akan tetapi… Apakah Voice over Internet Protocol itu? Mengapa VoIP ada? Bagaimana cara kerja VoIP? Apa saja device (hardware) atau software yang diperlukan dalam pemakaian VoIP? Apa saja keunggulan VoIP? Apakah VoIP mempunyai kelemahan atau kerugian? Bagaimana kualitas suaranya?
minggo.jpg
Menurut Wikipedia Indonesia online (http://id.wikipedia.org) VoIP atau Voice over Internet Protocol atau Internet Protocol (IP) Telephony atau Digital Phone merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet (data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan internet yang mengirimkan paket-paket data dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa). Kemudian, menurut Onno W. Purbo, VoIP adalah hasil pengembangan International Telecommunication Union (ITU) berupa standar atau protocol H.323 yang memungkinkan signaling, dial tone di jaringan telekom untuk bisa berinteraksi melalui internet. Standar H.323 terdiri dari komponen, protokol, dan prosedur yang menyediakan komunikasi multimedia melalui jaringan packet-based. Bentuk jaringan packet-based yang dapat dilalui antara lain jaringan internet, Internet Packet Exchange (IPX)-based, Local Area Network (LAN), dan Wide Area Network (WAN). H.323 dapat digunakan untuk layanan – layanan multimedia seperti komunikasi suara (IP telephony), komunikasi video dengan suara (video telephony), dan gabungan suara, video dan data. Jadi secara umum, VoIP merupakan sebuah media komunikasi suara jarak jauh dengan menggunakan fasilitas internet. (M.Iskandarsyah H. , © 2003, IlmuKomputer.com)
Melalui dua buah komputer dilengkapi speaker dan mikropon yang terhubung dengan internet kita sudah dapat memakai VoIP dengan aplikasi tertentu. Aplikasi tersebut dapat dicontohkan sebagaimana NetMeeting (Microsoft) atau Skype atau pun Yahoo! Messenger with Voice. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, kita bisa saja menggunakan VoIP tanpa menggunakan komputer. Untuk menggunakan model seperti ini perlu adanya gabungan antara jaringan PABX dengan jaringan VoIP yang menggunakan suatu VoIP gateway (disebut juga sebagai VoIP decoder).
minggo2.jpg
Perkembangan teknologi berikutnya adalah seperti yang dikembangkan oleh  Skype. Ketika seorang pengguna Skype sedang online, maka piranti yang dipakai Skype akan mencari piranti lain yang juga sedang menggunakan Skype, sehingga jaringan pun terbentuk. Skype menggunakan protokol HTTP untuk berkomunikasi dengan Skype server untuk autentikasi username/password dan registrasi dengan Skype directory server. Versi modifikasi dari protokol HTTP digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama Skype client. Keuntungan yang dimiliki aplikasi ini adalah tersedianya layanan keamanan dalam pentransmisian data yang berupa suara. (http://id.wikipedia.org) Selain itu, Skype juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan ke telepon biasa dengan fasilitas yang diberikan yang bernama SkypeOut. Indonesia termasuk salah satu Negara yang telah dapat menggunakan fasilitas SkypeOut ini. Pada beberapa Negara tertentu, telepon biasa juga telah dapat menelepon ke pengguna Skype. Sayangnya hingga kini, Indonesia belum dapat memanfaatkan fasilitas SkypeIn tersebut.
Secara umum, pemakaian VoIP memiliki beberapa keuntungan seperti dengan adanya penghematan biaya untuk menelpon (khususnya untuk jarak jauh seperti SLI dan SLJJ). Penghematan ini dapat dilakukan akibat adanya beberapa karakteristik VoIP, seperti:
1.Kini telah banyak perusahaan yang terkoneksi dengan internet, sehingga perusahaan dapat memanfaatkan koneksi internet tersebut untuk menghubungi perusahaan dengan group yang sama atau pun berbeda (dengan jarak yang cukup atau jauh) menggunakan VoIP. Jika ingin menghubungi klien dengan posisi yang cukup jauh dan tidak menggunakan VoIP, perusahaan masih dapat menggunakan fasilitas SkypeOut. Sehingga biaya pengeluaran pemakaian telepon perusahaan pun dapat ditekan hingga 70%.
2.Berbagai jaringan VoIP seperti VoIP merdeka, VoIP rakyat dapat digabung menjadi satu.
Namun beberapa kerugian yang dimiliki VoIP pun sebaiknya juga ikut diperhitungkan, seperti:
1.Biaya yang relatif lebih mahal jika VoIP digunakan untuk menghubungi pengguna lain dengan jarak yang relatif dekat. Hal ini berlaku jika dibandingkan seperti dengan pemakaian telepon untuk hubungan lokal.
2.Kejernihan suara yang masih agak kurang akibat kompresi suara terutama pada koneksi internet dengan bandwith yang relatif kecil.
3.Kerahasiaan percakapan yang masih kurang terjamin. Oleh karena pemakaian jaringan internet sebagai media perantaranya, tentunya percakapan melalui VoIP ini masih dapat disadap oleh orang-orang yang iseng. Meskipun demikian, beberapa penyedia fasilitas VoIP telah menyediakan keamanan yang cukup seperti dengan melakukan enkripsi seperti yang dilakukan Skype dengan AES (Advanced Encryption Standard) 256-bitnya. Dengan total probabilitas percobaan kunci (brute-force attack) sebanyak 1,1 x E-77 kali, sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan RSA 1024-bit. Public key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada saat login dengan menggunakan sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara otomatis akan mengenkripsi semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.
4.Sangat bergantung akan adanya koneksi dengan internet. Jika pada saat tertentu tujuan yang ingin dihubungi tidak terkoneksi dengan internet, maka komunikasi tidak bisa dilakukan.
5.Peralatan yang diperlukan saat ini masih relatif mahal.
Dengan penjelasan di atas, tentunya banyak orang yang dapat memanfaatkan fasilitas VoIP ini, seperti:
1.Perusahaan yang memiliki cabang-cabang di luar kota tentu dapat menekan biaya pengeluaran pemakaian telepon. Terlebih kini selain komunikasi berupa suara, VoIP juga menyediakan fasilitas komunikasi berupa gambar atau video. Sehingga, jika berminat perusahaan pun dapat melakukan teleconference atau video conference menggunakan VoIP.
2.Pemerintahan dalam usaha koordinasi pemerintahan antardaerah atau antara pusat dengan daerah. Oleh karena kerja dan koordinasi pemerintahan dilakukan ketika jam-jam pemakaian telepon sedang mahal, tentu VoIP menjadi saran yang perlu dipertimbangkan dalam usaha penghematan biaya komunikasi pemerintah. Sehingga, selisih dari pengeluaran tersebut dapat dikumpulkan untuk subsidi bagi rakyat kecil.
3.Individu atau lapisan masyarakat lain yang ingin sering berkomunikasi dengan kolega atau kerabat yang berjauhan posisinya namun tetap dengan biaya yang seminim mungkin.

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2010 My Artikel
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger